6.22.2009

ALLAH YANG MENYATAKAN DIRI-NYA

Ada banyak orang yang percaya kepada Allah,tetapi tidak tahu nama-nama-Nya sebagai semacam sarana untuk menyatakan diri-Nya.Itulah sebabnya,mereka mendapatkan gambaran yang keliru tentang citra Allah yang sebenarnya.
Sebagai gambaran kalau saya mengatakan "anjing"kepada anda,maka anda tidak akan mendapat gambaran yang jelas tentang anjing tersebut,Tetapi,kalau saya mengatakan"anjing besar",maka anda akan mendapatkan gambaran yang sedikit jelas.
Dan,kalau lebih lanjut saya mengatakan,"anjing hitam yang besar"...."anjing hitam yang besar dan galak"..."anjing herder hitam yang besar dan galak"maka anda akan mendapatkan gambaran yang sangat jelas tentang anjing tersebut.
Jadi,lebih banyak nama yang dimiliki Allah didalam firman-Nya,lebih rinci karakter-Nya yang dinyatakan.Jadi,sekarang kita akan menelaah nama-nama Allah yang berkaitan dengan karya penebusan-Nya.Ada 7 Nama penebusan Allah yaitu:YEHOWAH SYAMAH;YEHOWAH SYALOM;YEHOWAH YIREH;YEHOWAH NISI;YEHOWAH TSIDKENU;YEHOWAH RAFA;YEHOWAH RAAH
Dan,selanjutnya kita akan mulai memahami karakter-Nya melalui nama-nama itu.

1.YEHOWAH SYAMAH (Tuhan,atau: Aku ada;Aku selalu berada disana;aku hadir)

Allah selalu ada(hadir),Yesus berkata,"Dan katahuilah,aku menyertai kamu senantiasa"(Matius 28:20). Kita perlu memahami hal itu,sebab kadang-kadang orang menyangka bahwa Allah telah meninggalkan mereka sering kali orang berkata,"Semoga Allah menyertai Anda sementara berlibur."
Ya,tentu saja,Allah selalu menyertai anda,kalau ia benar-benar tinggal didalam diri anda.Dia akan selalu hadir
Kalau orang tidak merasa yakin bahwa dirinya disertai Allah,mereka pasti akan berkata,"Allah telah meninggalkan aku"Tidak Dia tidak meninggalkan anda,Allah berfirman"Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman:
"Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."(Ibrani 13:5)
Sebaliknya,kenyataannykitalah yang justru meninggalkan Dia

2.YEHOWAH SYALOM (Tuhan damai kita)

Artinya Yesus Kristus disalibkan bukan hanya untuk mendatangKan keselamatan bagi kita,namun juga damai(Syalom=damai;sejahtera;sentosa;ketentraman;rahayu) Allah akan menjagai kita dalam damai yang sempurna,bila akal-pikiran kita teguh terpusatkan kepada-NYA,kepada firman-NYA.Dan,akal kita terpusatkan kepada Yesus atau firman Allah,karena kita bersandar percaya kepada-NYA
Tetapi banyak orang bersandar pada kekayaannya,pada keadaan yang terjadi,atau pada keserakahan untuk mendapatkan hal-hal lain.Mereka tidak bersandarka pada firman Allah

3.YEHOWAH YIREH (Tuhan akan menyediakan)

Allah adalah Allah yang mengadakan,menyediakan,dan mencukupkan.Dialah pemasok segala keperluan kita.kapanpun orang israel berkata,"YEHOWAH YIREH,"
yang mereka maksudkan adalah,'TUHAN AKAN MENYEDIAKAN,ALLAH AKAN MENYEDIAKAN SETIAP KEPERLUAN KITA"
"Allah akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemulian-NYA dalam Kristua Yesus"(FILIPI 4:19)

4.YEHOWAH NISI (Tuhan ,pemenang kita)

Kita perlu mengerti dan mengingat bahwa Yesus Kristus tidak lagi tetapterpaku di kayu salib.
Dia adalah Allah yang telah menang dan tetap berkemenangan,"Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan
umum dalam kemenangan-NYA atas mereka"(KOLOSE 2:15)

5.YEHOWAH TSIDKENU (Tuhan,kebenaran kita)

Pada saat kita dilahirkan baru,hubungan kita dengan Yesus dibetulkan-diselaraskan;dijadikan benar.Begitu juga halnya hubungan kita dengan Roh Kudus
dan Allah Bapa.Kita dapat berkata, "Aku seorang anak Allah yang hidup.aku seorang ahli waris bersama kristus.aku telah dibasuh oleh anak darah domba

6.YEHOWAH RAFA (Tuhan yang menyembuhkan engkau)

Kesembuhan dan kehidupan kekal bersama dengan Allah Bapa diSurga adalah bagian keselamatan kita.
Setiap kali Allah menyebut diri-NYA Sebagai Yehowah Rafa,sebenarnya Ia sedang berkata,"Aku adalah'Tuhan yang menyembuhkan Engkau".

7.YEHOWAH RAAH (Tuhan gembala kita)

(Mazmur 23:1-6) Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa

0 komentar:

Posting Komentar